Minggu, 06 November 2016

media pembelajaran



KONSEP KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN
Sebelum saya memaparkan media yang saya gunakan, maka saya akan memberikan penjelasan tentang memo itu sendiri.
Memo adalah sebuah bentuk surat yang ditulis dengan sangat ringkas, padat dan jelas yang ditujukan untuk seseorang. Biasanya isi Memo langsung menyatakan maksud dari si pengirim Memo, tanpa adanya bagian – bagian isi surat lain seperti, salam pembuka, dan salam penutup. Memo digunakan sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera. Adapun struktur-struktur memo sebagai berikut.
Struktur Memo
Memo terdiri dari bagian – bagian seperti berikut ini :
1. Kepala Memo
Kepala Memo terdiri dari :
Nama pengirim
Nama penerima
2. Badan Memo
Isi Memo
3. Kaki Memo
Tanda tangan
Nama Jelas pembuat memo



Contoh Memo

Memo dari ibu

MEMO

Untuk : Anakku tersayang
Ibu sudah membuatkan makanan di meja makan, makan dan habiskan semuanya. Ibu sedang pergi ke rumah paman dan akan pulang besok pagi. Jangan lupa angkat jemuran kalau sudah kering.
            Ibu
             ttd
 Gracia Simanjuntak

Disini saya akan menjelaskan media yang saya gunakan yaitu “bentuk-bentuk kotak warna warni”. Dimana media bentuk-bentuk kotak warna warni ini bisa digunakan utuk media penbelajaran yaitu MEMO atau pesan singkat.
Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar sehingga dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran perasaan dan kemampuan belajar peserta didiknya.
Tujuan saya membuat media ini yaitu:
1.      Untuk mempermudah siswa belajar
2.      Untuk membuat siswa tertarik saat pelajaran berlangsung
3.      Siswa dapat membuat memo
4.      Siswa dapat memaparkan hasil memo di depan kelas.
Dalam mengunakan media tersebut  seorang guru dapat menerapkan terhadap peserta didiknya yaitu mengunakan bebeberapa langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Guru harus menjelaskan apa itu memo terlebih dahulu
2.      Beriakan ciri-ciri memo
3.      Berikan contoh memo
4.      Setelah guru memberikan contoh memo, guru memberikan ampelop kepada siswanya, dan di dalam ampelop tersebut sudah ada nama-nama tujuan memo itu dikirim
5.      Setelah siswa selesai membuat memo di dalam mapelop , siswa memasukakan amplop tersebut kedalam bentuk-bentuk kotak warna warni tersebut
6.      Siswa harus membaca hasil dari memo yang sudah dibuat oleh teman nya yang sudah ada didalam bentuk-bentuk kotak warna warni tersebut.
Dalam membut media tersebut memiliki beberapa Langkah- langkah yaitu:
1.      Siapkan kerdus besar dan gunting kerdus tersebut menurut jari - jari kubus dan balik
2.      Siapkan dabeltip, karton tipis dan gunting sesuai jari – jari kubus dan balok
3.      Tempelkan karton tipis kekardus yang sudah di gunting.
4.      Lipat kardus mengikuti jari-jari kubus dan balok sehingga membentuk kubus dan balok
5.      Berikan lem pada pinggir kardus agar bisa membentuk kubus dan balok.
Manfaat dari media yang saya buat yaitu untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi tersebut, dan siswanya dapat memahami matrei tersebut dengan mudah. Selainitu media yang saya buat dapat membuat anak tertarik dalam pelajaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar